Muhammad Ihsan Blog: Cara Menambahkan Tool Defrag Pada Context Menu Windows 7

Cara Menambahkan Tool Defrag Pada Context Menu Windows 7



Cara Menambahkan Tool Defrag Pada Context Menu Windows 7
Penjagaan komputer atau pun laptop anda merupakan hal yang wajib dilakukan pada saat ini. Hal ini dikarenakan komputer atau pun laptop merupakan salah satu kebutuhan penting kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Jika anda bekerja pada suatu perkantoran atau pun pada suatu perusahaan, pastinya anda tidak akan jauh-jauh dari yang namanya komputer atau pun laptop. Selama di kantor dan melakukan pekerjaan pastinya menggunakan komputer atau laptop. Jadi, sudah sepatutnya kita melakukan perawatan rutin atau pun berkala terhadap kebutuhan kita tersebut. Dengan sedikit ilmu dan bekal pengetahuan yang dimiliki, anda dapat merawat komputer bagian dalamnya sendiri, tanpa harus pergi ke tukang reparasi komputer dan mengeluarkan sejumlah uang.
Cara Menambahkan Tool Defrag Pada Context Menu Windows 7 Pictures
Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah melakukan defragment. Apa itu defragment ? Defragment merupakan salah satu fitur penting yang telah ditanamkan oleh pihak microsoft di dalam sistem operasi nya yang bertujuan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kemampuan atau performa komputer. Dan tentunya apabila anda rajin melakukan defrag terhadap hardisk anda, maka dijamin komputer atau pun laptop anda akan memiliki masa usia pakai yang lama atau dengan kata lain hardisk anda jauh dari resiko kerusakan dan bad sector.
Biasanya fitur defragment ini dapat anda temukan dengan cara masuk ke Control Panel atau Accessories – System Tools. Namun anda dapat menambahkan menu defragment ini pada context menu di Windows Explorer. Bagaimana cara menambahkan nya ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini.
Berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama-tama, buka run (Windows + R), kemudian ketikkan regedit dan tekan Enter.
  • Pada jendela Registry Editor, buka direktori berikut HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell.
  • Dengan kursor pada posisi direktori shell, klik kanan pada panel sebelah kanan dan pilih New – Key.
  • Isi nama key dengan Defragment.
  • Kemudian, dengan posisi mouse pada key Defragment, buat lagi sebuah key dengan nama command.
  • Pada key command, klik kanan pada registry Default dan klik Modify lalu isikan salah satu dari value di bawah ini
    defrag.exe /u /v %1
    dfrgui.exe
  • Terakhir, coba buka Windows Explorer dan klik kanan pada salah satu drive dan temukan menu baru bernama Defragment di Context Menu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Muhammad Ihsan Blog Urang-kurai